Rabu, 07 April 2010

Program PNPM- MP Tahun 2010

Posted on 2:01 PM by UPK Maos


Kecamatan Maos pada tahun 2010 masih mendapatkan dana BLM melalui program PNPM Mandiri Perdesaan. Meskipun alokasi dana yang diterima tahun ini mengalami penurunan, dimana besarnya alokasi dana BLM tahun 2010 sebesar Rp 1.250.000.000. Hal ini dikarenakan data dari BPS bahwa RTM yang ada di kecamatan Maos masuk kategori tidak miskin. Program PNPM – MP di kecamatan Maos memasuki tahapan kedua. Adapun mengenai kegiatan program yang ada di kecamatan Maos sudah berjalan sebagai mana anjuran dari Fasilitator Kabupaten bahwa tahun 2010 merupakan tahapan optimalisasi . Sehingga nantinya pada tahun 2011 program PNPM – MP dapat bersinergi dengan program reguler yaitu rencana pembangunan desa atau yang lebih dikenal dengan musrenbangdes yang dananya berasal dari ADD.

Dengan adanya optimalisasi ini maka tidak ada lagi tumpang tindih pembangunan masyarakat desa. Tahapan optimalisasi ini dimulai pada awal bulan Februari yaitu musyawarah desa perencanaan berbarengan dengan musyawarah rencana pembangunan desa (MUSRENBANGDES). Dari kedua musyawarah tersebut tiap desa menghasilkan 3 usulan pembangunan melalui musrenbangdes, sedangkan untuk PNPM – MP terbagi menjadi dua yaitu usulan kegiatan yang diajukan untuk PNPM-MP tahun 2010 dan PNPM-MP 2011. Dimana usulan tersebut terdiri dari 2 usulan perempuan dan 1 usulan campuran atau 1 usulan perempuan dan 2 usulan campuran. Dari 10 desa yang ada di kecamatan Maos untuk program PNPM-MP tahun 2010 tiap desa mengajukan usulan pinjaman kelompok SPP, 18 usulan sarpras, 1 usulan PKH pendidikan, 1usulan PKH pelatihan, 1 usulan PKH sarpras posyandu.

Kemudian pada akhir bulan Januari 2010 telah dilaksanakan pelatihan KPMD dilanjutkan dengan pelatihan TPU. Pelatihan KPMD dilaksanakan pada tanggal 27-29 April 2010 dikuti oleh 20 orang yang bertempat di Balaidesa Maoskidul. Sedangkan pelatihan TPU dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2010 ditempat yang sama.

Selanjutnya pada awal bulan Maret di bentuklah tim verifikasi program yang beranggotakan 9 orang. Tim verifikasi ini beranggotakan dari dinas DPU, UPT DC KKP, Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Bank Perkreditan Rakyat BKK, Bagian Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan, dan tiga wakil masyarakat. Dari kesembilan anggota tim verifikasi adalah orang lama, tak lain adalah tim verifikasi program PNPM-MP tahun 2009. Setelah terbentuk maka diadakan pelatihan tim verifikasi selama dua hari. Selanjutnya dilakukan pembahasan awal usulan yang dilakukan tim verifikasi dengan fasilitator Kecamatan/teknik yang di tindak lanjuti dengan kegiatan verifikasi lapangan. Kegiatan verifikasi lapangan ini dilakukan dalam kurun waktu satu minggu ( 5 hari kerja). Karena kecamatan Maos terdiri dari sepuluh desa, maka dalam satu hari tim verifikasi turun ke 2 desa. Kegiatan verifikasi lapangan ini berlangsung dari tanggal 08 – 12 Maret 2010.
Verifikasi
Dari hasil verifikasi lapangan tersebut nanti akan menghasilkan nilai yang akan digunakan sebagai acuan dasar dalam memutuskan setiap usulan yang berasal dari 10 desa. Apakah usulan tersebut layak atau tidak diusulkan melalui program PNPM-MP tahun 2010 ?. Sebelum usulan diangkat ke dalam musyawarah prioritas usulan, terlebih dahulu dilakukan pembahasan akhir interen tim verifikasi dengan fasilitator maupun dengan fasilitator kabupaten. Pembahasan akhir tim verifikasi dengan fasilitator kabupaten telah dilaksanakan pada tanggal 05 April 2010. Dan menghasilkan kesepakatan bersama bahwa seluruh usulan layak terdanai melalui program PNPM-MP tahun 2010.

Demikian tahapan kegiatan program PNPM-MP tahun 2010 di kecamatan Maos, sudah sampai dengan pembahasan akhir tim verifikasi dengan fasilitator kabupaten.

No Response to "Program PNPM- MP Tahun 2010"

Leave A Reply